Cara Menanggulangi Dampak Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah adalah salah satu dampak yang diakibatkan pencemaran lingkungan karena kegiatan manusia. Jika telah begini, Anda perlu tahu cara menanggulangi pencemaran tanah supaya bisa mengatasi dampak pencemaran tanah.

Banyak yang belum menyadari bahwa aktivitas yang kita lakukan sehari-hari, bisa berdampak baik atau buruk untuk lingkungan dan bumi di masa mendatang. Salah satunya pemakaian plastik yang berlebihan dan terus menerus bisa mengakibatkan global warming dan tidak baik untuk ekosistem manusia, bumi, dan tumbuhan.

Bagaimana Cara Menanggulangi Pencemaran Tanah?

Pencemaran tanah atau polusi tanah adalah kerusakan sekaligus kontaminasi tanah yang disebabkan oleh tindakan langsung maupun tidak langsung yang dilakukan manusia.

Hal ini bisa mengubah kondisi tanah secara permanen maupun sementara. Selain itu, pencemaran tanah juga diartikan sebagai degradasi atau kerusakan permukaan dan tanah di Bumi. Jika pencemaran tanah dibiarkan terus menerus, kualitas dan produktivitas tanah sebagai area untuk berkebun, bertani, hutan, atau lahan terbuka lainnya akan berkurang.

Pasti saja, pencemaran tanah ini tidak hanya berpengaruh pada hewan atau tumbuhan, tetapi juga kondisi kesehatan manusia. Penyebab pencemaran tanah pun berbagai, mulai dari penggundulan hutan, pertanian, erosi tanah, pertambangan, kegiatan konstruksi, sampah, industrialisasi, limbah manusia, sampai limbah nuklir.

Menurut Jurnal Riset Agrisamudra, sampah plastik adalah momok untuk semua makhluk hidup di Bumi. Sekalipun plastik adalah wadah praktis yang dipakai dalam kehidupan dan aktivitas sehari-hari, namun jika dibuang sembarangan dan menumpuk akan membahayakan ekosistem lingkungan.

Terlebih, plastik memerlukan waktu yang begitu lama untuk bisa terurai di dalam tanah yaitu 500-1000 tahun lamanya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menanggulangi pencemaran tanah akibat sampah plastik.

Pisahkan Tempat Sampah Sesuai Jenisnya

Sesudah membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya, lakukan pemisahan sampah organik dan anorganik.

Dalam jurnal yang berjudul Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik), sampah organik adalah sampah yang gampang terurai, sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang sulit terurai seperti plastik, besi, dan lainnya.

Hal ini dilakukan supaya mempermudah orang lain atau diri sendiri saat ingin mendaur ulang sampah.

Membuang Sampah pada Tempatnya

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menanggulangi pencemaran tanah adalah dari hal kecil yaitu membuang sampah pada tempatnya. Biasakan untuk membuang sampah plastik di tempat sampah, bukan sembarangan supaya lingkungan tetap bersih dan tanah pun tidak tercemari.

Anda juga harus membiasakan anak Anda untuk menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Sebab, perubahan kecil bisa begitu berarti untuk ekosistem di masa mendatang.

Pakai Tempat Makan yang Bisa Dipakai Berulang

Cara menanggulangi pencemaran tanah akibat sampah plastik berikutnya adalah dengan memakai tempat makan dan minum yang bisa digunakan berulang. Cara ini pasti efektif untuk mengurangi limbah plastik dan pencemaran tanah.

Anda bisa membekali anak Anda botol minum tumbler dan wadah makan yang tidak sekali buang. Selain itu, cara ini juga lebih higienis lho, Anda.

Reduce, Reuse, dan Recycle

Cara menanggulangi pencemaran tanah akibat sampah plastik yang ke empat adalah melakukan 3R yaitu reduce (kurangi), reuse (pakai kembali) dan recycle (olah kembali).

Cara ini hanya bisa dipakai untuk sampah-sampah anorganik seperti sampah plastik. Anda bisa mengolah limbah plastik ini jadi sesuatu karya yang berguna atau bernilai jual tinggi. Sebagai contoh, mengubah plastik jadi tas, mengubah botol minuman jadi vas bunga, dan lainnya.

Kurangi produk yang memakai kantong plastik

Saat kita beli satu barang dengan jumlah atau memiliki ukuran kecil, sebaiknya tidak untuk membungkus barang itu dengan memakai kantong plastik kecil. Masukan ke tas atau kantong pakaian sebagai alternatif kantong plastik. Dengan demikian kita telah lakukan hal kecil yang bisa menolong menyelamatkan bumi dari pencemaran.

Penggunaan bahan yang ramah lingkungan sangatlah disarankan. Begitu juga untuk pemilihan sepatu. Anda bisa memilih sepatu yang memakai bahan berkualitas dan juga ramah lingkungan seperti sepatu Eiger. Dengan begitu Anda sudah ikut berpartisipasi dalam menanggulangi masalah pencemaran tanah yang semakin parah dari hari ke hari ini.

admin
Lifestye

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *