Kegunaan Tali Tambang di Banyak Industri

Tali tambang menjadi salah satu alat serbaguna, mulai dari alat bantu kerja hingga menjadi alat keselamatan. Cari tahu jenis jenis tali tambang agar bisa memenuhi sesuai kebutuhan Anda. Sebab, banyak manfaat tali tambang di berbagai industri, mulai dari pertambangan hingga perkapalan.

Pada dasarnya tali tambang yang digunakan di setiap industri berbeda jenis, sebab disesuaikan dengan kebutuhan industri. jenis tali tambang harus disesuaikan dengan fungsinya masing-masing, meliputi:

Tali Manila

Untuk jenis tali manila menggunakan serat tanaman abacca. Tanaman ini sejenis pisang yang berasal dari Filipina yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tali. Jenis tali manila ini sering digunakan oleh industri perkapalan untuk membuat tangga-tangga kapal.

Tali Nylon

Jenis tali tambang selanjutnya, yaitu tali nylon. Tali ini terbuat dari serat nylon yang memiliki sifat lentur, akan tetapi sangat kuat dan tahan terhadap gesekan. Tali ini memiliki nilai yang sangat tinggi.

Industri berat memilih menggunakan jenis tali tambang nylon, seperti:

  • Industri perkapalan
  • Logistik
  • Otomotif dan transportasi
  • Konstruksi
  • Pertambangan
  • Minyak dan gas

Jenis tali nylon ini mampu menahan beban yang berat sehingga sangat ideal untuk sistem katrol dan winch. Kekuatannya bisa 3 kali lipat dari jenis tambang yang berbahan nabati. Selain itu, bahan nylon tahan air dan bahan kimia sehingga sangat baik jika bekerja di kondisi yang lembab.

Tali PE

Sedangkan untuk tali PE merupakan tali tambang yang terbuat dari jenis serat sintetis, yakni polyethylene. Jenis ini memiliki kelenturan yang baik, namun nilai breaking load lebih rendah. 

Ukuran tali PE kecil dan cukup ringan. Anda bisa menggunakannya pada industri ringan, seperti pekerjaan packing, jala-jala, lashing dan keperluan olahraga.

Selain itu, tali tambah dengan bahan plastik atau PE ini tahan terhadap sinar UV dan bahan kimia. 1 rol gulung tali PE biasanya memiliki kisaran 150 sampai 200 meter. Untuk ketebalannya mulai dari 33 mm sampai 24 mm.

Tali Polypropylene

Jenis terakhir yaitu Tali Polypropylene yang terbuat dari serat polypropylene. Ukuran serat yang ada pada jenis tali ini dihasilkan dari proses produksi. Sehingga terbagi menjadi 2 jenis, yakni tali PP Monofilament dan PP Multifilament.

Serat yang ada pada PP Monofilament lebih besar jika dibandingkan dengan tali PP Multifilament. Namun, keduanya memiliki nilai setara dalam hal breaking load.

Harga Tali Tambang 1 Roll di Megajaya

Megajaya sebagai distributor tali tambang memiliki produk dan jenis yang lengkap. Anda bisa membeli sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa daftar harga dari jenis tali tambang, yaitu:

  • Nylon kepang dengan panjang kurang lebih 60 meter harganya Rp144.375.
  • Untuk Manila Rope dengan panjang kurang lebih 190 meter dan berat kurang lebih 10 kg, harganya Rp608.400.
  • Sedangkan untuk Plastic Rope dengan panjang kurang lebih 180 meter, dengan berat 2,7 kg harganya Rp168.480.

Dapatkan beberapa promo menarik dari Megajaya, mulai dari gratis ongkir untuk merek tertentu. Potongan ongkos kirim bisa Anda dapatkan hingga Rp20.000 dengan minimal belanja Rp1.000.000.

Jika Anda termasuk pengguna baru, maka berhak mendapatkan diskon hingga 10 persen dengan pembelanjaan minimum Rp100.000. Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan diskon khusus ini.

Selain harga tali tambang 1 roll yang kompetitif, Megajaya juga menyediakan metode pembayaran yang lengkap. Serta produk-produk berkualitas yang akan memuaskan pelanggan.

admin
Bisnis

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *