Pertama Mudik Naik Kereta Api? Ketahui 5 Tips Penting Ini!

Kereta api menjadi pilihan transportasi umum untuk Anda yang ingin pulang kampung dengan biaya lebih murah Dengan rute yang lebih aman, durasi lebih singkat serta harga tiket terjangkau, tiket kereta lebaran selalu habis diborong calon penumpang jelang hari raya Idul Fitri tiba. Meskipun pihak KA membuka tiket kereta api Idul Fitri sejak awal ramadan, pembelian tiket sudah berlangsung dengan permintaan yang sangat tinggi. Nah, apakah Anda sudah mendapatkan tiket kereta sesuai tanggal cuti lebaran 2022 ini?

Tips Mudik Naik Kereta Api bagi Pemula

Bila Anda belum pernah mengalami mudik naik kereta api, maka wajib tahu hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum perjalanan jauh. Tiket mudik harus sudah Anda beli jauh hari guna meminimalisir risiko tiket KA lebaran habis duluan. Yuk, simak hal-hal yang perlu diketahui pemula sebelum mudik naik kereta api sebagai berikut!

1. Pilih perjalanan pagi atau siang saja

Ini momen pertama Anda mudik naik kereta api, maka sebaiknya Anda beli tiket kereta api dengan jadwal berangkat pagi atau siang saja. Meskipun minim risiko kriminalitas di kereta, tetapi terjaga pada pagi atau siang hari lebih aman untuk perjalanan pertama Anda. Selain itu, Anda bisa menikmati setiap pemandangan alam dan mengingat stasiun per stasiun yang mungkin dilewati.

2. Tiba di stasiun setengah jam lebih awal

Ada baiknya Anda merencanakan mudik lebih matang dengan tiba di stasiun lebih awal setidaknya 15-30 menit sebelum kereta berangkat. Anda punya waktu untuk mempelajari apa yang ada di stasiun, termasuk menghindari antrean boarding tiket.

3.  Membawa barang bawaan secukupnya saja

Demi menghindari Anda membayar bagasi lebih banyak karena bagasi gratis hanya 20 kilogram saja, barang bawaan secukupnya bisa membuat perjalanan Anda lebih nyaman. Apalagi Anda yang belum pernah naik kereta api dan pergi sendirian, maka mengusahakan perjalanan nyaman untuk diri sendiri dan orang lain sangat perlu. Bila tiket kereta lebaran Anda memiliki durasi lebih dari 8 atau 10 jam, boleh membawa camilan yang diperlukan.

4. Membaca nama kereta dan nomor kursi lebih teliti

Sebelum Anda berangkat naik kereta api, maka selalu utamakan membaca nama kereta dan nomor kursi yang tertera pada tiket Anda. Jangan sampai Anda ceroboh sehingga salah kereta, salah nomor kursi atau ketinggalan kereta, ya!

Tiket kereta yang hangus bisa membuat Anda harus menunggu kereta selanjutnya. Apalagi momentum lebaran yang membuat penjualan tiket KA selalu habis sehingga Anda tidak kebagian tiket tersebut.

5. Pastikan kondisi tubuh bugar dan sehat

Jelang mudik lebaran tahun ini, sebaiknya Anda menjaga kesehatan tubuh lebih baik. Anda harus memastikan kondisi tubuh benar-benar sehat dengan stamina prima agar bisa melakukan perjalanan jarak jauh pertama dengan lancar.

Selain itu, Anda harus memenuhi aturan naik kereta api pada masa pandemi dengan baik, termasuk memenuhi prokes kesehatan yang berlaku. Selalu pakai masker, bawa hand sanitizer, jaga jarak, dan usahakan tidak menyentuh benda-benda di tempat umum, ya!

Segera pesan tiket kereta lebaran Anda mulai sekarang untuk mengantisipasi lonjakan penumpang jelang H-10 Idul Fitri 2022. Anda yang sudah memegang tiket di tangan bisa bernapas lebih lega dan menjalani ibadah puasa lebih lancar. Kini Anda siap menjalani perjalanan mudik pertama naik kereta api lokal menuju ke kampung halaman. Yuk, mantapkan hati untuk menyambut momen Idul Fitri yang lebih bermakna dengan merayakan bersama orang tercinta di rumah.

admin
Travel

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.