Daftar Klub yang Diakuisisi Para Pesohor Kaya Raya, Dari Raffi Ahmad, Kaesang Hingga Gading Marten

Satu lagi pesohor tanah air ikut meramaikan pesepakbolaan nasional. Adalah Gading Marten yang menjadi nama teranyar pesohor yang tertarik berinvestasi di dunia sepakbola. Gading Marten dikatahui resmi mengakuisisi klub Liga 3, Persikota Tangerang.

Langkah Gading Marten yang mengakuisisi Persikota Tangerang seperti mengikuti jejak yang ditorehkan koleganya di industri entertainment , Raffi Ahmad. Selain mereka berdua, sejumlah artis dan pesohor tanah air juga masuk menjadi pendana yang berinvestasi pada sejumlah klub. Para pendana itu bisa dibilang masuk kelas 'Sultan', istilah yang merujuk pada pihak dengan kekuatan finansial yang besar.

Hal yang menarik, klub klub yang diakuisisi adalah klub klub yang berada di kasta Liga 2 dan Liga 3. Dikutip dari berbagai sumber, berikut klub sepakbola nasional yang dibeli sejumlah artis dan pesohor tanah air. Pengakuisisian saham Cilegon United oleh Raffi Ahmad menjadi sorotan utama pesepakbolaan nasional.

Raffi tak sendirian. Berkongsi dengan dua rekannya, Presiden Direktur Prestige Motorcars Rudy Salim dan Wakil Direktur Utama Garuda Indonesia Donny Oskaria, Raffi mengubah wajah klub berjuluk The Volcano tersebut. Dimulai dengan pergantian nama klub dari Cilegon United menjadi RANS Cilegon FC, Raffi kemudian menjadi ikon dalam pemberitaan klub tersebut dalam merekrut sejumlah pemain bintang.

Klub Liga 2 ini merupakan hasil akusisi Martapura FC. Seperti RANS Cilegon FC, ada tiga sosok yang berkongsi dalam pengakuisisian Martapura FC menjadi Dewa United. Ketiga sosok itu yakni Mahendra Agakhan Thohir, Garibaldi Thohir, dan Kevin Hardiman.

Setelah berpindah tangan, klub debutan Liga 2 itu tak lagi bermarkas di Martapura. Dewa United melakukan boyongan dan memindahkan homebase di daerah Tangerang Selatan. Selain sepak bola, Dewa United bakal ambil bagian di dunia bola basket dan e sport Indonesia.

Sebagai pemain baru di dunia sepak bola tanah air, Dewa United langsung mengambil nama nama beken untuk mengawaki tim. Komentator kenamaan sekaligus pegiat sepak bola, Rendra Soedjono ditunjuk menjadi COO klub. Rendra Soedjono bakal berkolaborasi dengan Kevin Hardiman yang bertindak sebagai CEO.

Nama Kas Hartadi kemudian dipercaya untuk menukangi klub Dewa United FC ini. Putra Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep, juga meramaikan bursa para pesohor yang berinvestasi di klub sepakbola. Disebutkan, Kaesang berkongsi dengan Kevin Nugroho dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Kaesang menguasai 40 persen saham, disusul Kevin Nugroho dengan 30 persen, dan Erick Thohir dengan 20 persen. Persis Solo, mendapat efek positif sejak dikuasai oleh Kaesang Pangarep cs. Faktor keuangan atau finansial bukan lagi menjadi halangan untukPersis Solomengarungi kompetisiLiga 2.

Hal itu tersirat dari ganasnya geliatPersis Solodi bursa transfer pemain untuk mengarungiLiga 2mendatang. Namun, efek instan tak hanya terpantau dari sisi kedatangan pemain anyar ke tubuh Persis Solo saja. Faktor sponsor pun tak lagi menjadi hal yang menyulitkan bagi klub yang berjulukLaskar Sambernyawaini.

Komisaris UtamaPersis Solo,Kevin Nugroho, mengungkapkan bahwa komunikasi dengan sejumlah sponsor tengah berjalan. Kevin enggan membeberkan jumlah perusahaan yang tengah menjalin negosiasi dengan Persis Solo. Ia bahkan sampai berkelakar 40 perusahaan terlalu kecil.

"Dilihat saja, 30 sampai 40 itu terlalu kecil. (Maksudnya) ukurannya di baju (jersey)," sambungnya. Klub Liga 2 Indonesia, Putra Sinar Giri (PSG) Gresik secara resmi berpindah ke Pati dan kemudian berganti nama menjadi Putra Safin Grup (PSG) Pati. Kepindahan PSG secara resmi ke Pati ini setelah dilakukan proses akuisisi dan diluncurkan pada Sabtu (26/12/2020) bertempat di The Safin Hotel, Pati, Jawa Tengah.

Hadir pada acara itu adalah manajemen lama tim PSG Gresik dan juga pemilik baru PSG Pati yakni Saiful Arifin. Menukil Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada Desember 2020, Saiful Arifin punya total kekayaan lebih dari Rp185 miliar. Kabar merapatnya Gading Marten ke Persikota Tangerang dapat diketahui langsung melalui akun Instagram klub berjuluk Bayi Ajaib itu, Jumat (4/6/2021).

Dalam postingannya, nampak ayah dari Gempi ini tengah berfoto dengan beberapa pengurus klub asal Tangerang itu. Pihak klub lantas memberi ucapan selamat pada eks suami Gisel itu setelah resmi bergabung. "Selamat bergabung Gading Marten di Persikota Tangerang."

"Persikota Tangerang secara resmi telah mencapai kata sepakat dengan salah satu tokoh, artis, pengusaha dan pegiat sepakbola ternama tanah air untuk bersama memajukan Bayi Ajaib lolos ke liga 2 musim ini." "Welcome @gadiiing! Gading Marteen is Baby Force!" bunyi caption yang tertera dalam unggahan tersebut. Untuk mewujudkan ambisi lolos ke Liga 2, Bayi Ajaib perlu berjuang keras melalui kompetisi Liga 3.

Sejatinya, Persikota pernah memupuk asa lolos ke Liga 2 pada tahun 2019. Saat itu, rival sekota dari Persita ini memiliki momentum saat berlaga di fase grup. Sayangnya, mereka tak bisa meneruskan kiprah positif hingga akhir musim.

Persikota akhirnya gagal lolos dari fase grup dan tak bisa melaju ke putaran 16 besar. Sementara itu, artis Gading Marten bisa dibilang sebagai pionir dalam mengakuisisi klub Liga 3. Sebab, belum ada pesohor negeri yang bergerak membeli klub yang berkompetisi di kasta ketiga sepak bola Indonesia.

Kehadiran anak aktor Roy Marten itu diharapkan dapat mendongkrak pamor Liga 3 yang masih kalah dari Liga 2. Ditambah lagi, misi untuk menjadikan sepak bola sebagai industri akan semakin mudah terwujud dengan bergabungnya tokoh tokoh kenamaan di dalamnya. Setelah sempat ada dua artis YouTuber papan atas yakni Atta Halilintar dan Baim Wong dikabarkan berminat bergabung dengan klub Sriwijaya FC.

Selain itu, ada dai kondang, pengusaha, ustaz Yusuf Mansur. "Ini saya ketemu Presiden hari ini. Siap gabung. Siap inves ya," ucap Yusuf Mansur sedikit berguyon saat bersilaturahim dengan Presiden klub Sriwijaya FC, H Hendri Zainuddin SAg SH di Palembang, Senin (24/5/2021). Pendakwah, penulis buku dan pengusaha dari Betawi, sekaligus pimpinan dari pondok pesantren Daarul Quran Ketapang, Cipondoh, Cikarang Tangerang dan pengajian Wisata Hati ini mendoakan agar tim berjuluk Laskar Wong Kito bisa meraih juara.

"Selamat buat Sriwijaya yang stabil, Insya Allah mudah mudahan di session session berikutnya Sriwijaya benar benar jadi juara," kata pria yang memiliki nama lengkap Jam’an Nurkhatib Mansur. Hendri Zainuddin merasa senang bisa berjumpa menyambung tali silaturahim dengan Dai kelahiran Jakarta,19 Desember 1976 dan memberikan tawaran untuk bergabung dengan manajemenSFC. "Hari ini Sumsel kedatangan Dai kondang, pecinta bola, pecinta Sriwijaya dan pengusaha, beliau adalah ustad Yusuf Mansur. Didampingi ustad Sofwatillah Mohzaib. Jadi tad, kami di Sriwijaya FC mohon doa tad. Semoga lancar. Semoga kalau ustad ada minat gabung dengan Sriwijaya FC ini," kata Hendri.

Meski begitu, belum ada kabar resmi terkait siap pendana anyar yang akan gabung ke Sriwijaya FC. Gebrakan yang dilakukan Raffi Ahmad dengan membentuk RANS Cilegon FC ternyata membuat Baim Wong merasa tertantang. Perasaan tertantang Baim Wong tersebut muncul ketika bertemu Raffi Ahmad beserta beberapapemain RANS Cilegon FC.

Perjumpaan Baim Wong dengan Raffi Ahmad dan RANS Cilegon FC itu diabadikan dalamchannelYouTube RANS Entertainment, 15 Mei 2021. Pada kesempatannya bertemu Raffi Ahmad serta RANS Cilegon FC, Baim Wong mengutarakan satu niatnya. Baim Wong ternyata memiliki niatan untuk menyaingi Raffi Ahmad yang telah berhasil membikin RANS Cilegon FC.

Raffi yang ditemani oleh Rudy Salim membentuk RANS Cilegon FC seusai mengakuisisi klub Liga 2, Cilegon United. Dengan begitu, nantinya RANS Cilegon FC bakal berkiprah di Liga 2. Perjalanan RANS Cilegon FC di Liga 2 pada musim mendatang nampaknya akan mendapatkan saingan dari Baim Wong.

Baim Wong ingin membeli salah satu klub Liga 2 agar dapat menghadapi klub milik Raffi Ahmad nantinya. Baim bahkan menyebut kalau dirinya akan membeli Sriwijaya FC yang juga mentas di Liga 2. "Saya mau beli Sriwijaya (FC)," kata Baim Wong seperti dikutip oleh BolaSport.com dari YouTube RANS Entertainment.

"Saya mau melawan Raffi, seru," tambah artis berusia 40 tahun tersebut. Selain Baim Wong, Atta Halilintar juga sempat dikabarkan akan bergabung dengan Sriwijaya FC. Desas desusnya, Atta akan masuk ke dalam jajaran pengurus Sriwijaya FC.

Namun, YouTuber kondang Tanah Air tersebut masih mempertimbangkannya. Belakangan, kiprah Baim Wong di jagat sepakbola nasional, mulai diketahui perannya. Baim Wong tampaknya tidak mengakuisisi klub, melainkan menjalain kerjasam dengan operator kompetisi sebagai sponsor.

Akun Instagram operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2, PT LIB hari ini mengunggah foto Direktur Bisnis PT LIB, Rudy Kandra bersama selebritis ternama Indonesia, Baim Wong. Foto tersebut pun diberi keterangan “Akan ada kejutan yang akan dilakukan @baimwong di kompetisi tanah air. Apakah itu tunggu informasinya sobat,” terangnya. Hadian menjelaskan bahwa kehadiran Baim Wong di PT LIB memang untuk mendukung kompetisi sepakbola Indonesia.

Namun dirinya belum membeberkan secara detail bagaimana peran Baim Wong di kompetisi nanti. Pasalnya pembicaraan dikatakannya masih dalam tahap awal. “Beberapa hal yang belum bulat baru ketemu awal, besok atau minggu kemungkinan (dealnya). Beliau kan tertarik dengan adanya liga jadi ada benefit bersama, apalagi kan beliau juga punya nama besar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Hadian menjelaskan bahwa kemungkinan besar Baim Wong bakal membantu di kompetisi Liga 2 2021. “Intinya saling menguntungkan lah nanti, pembicaraan sejauh ini untuk (sponsor) Liga 2 ya tapi nanti kejelasannya kita masih tunggu juga,” jelasnya Sementara itu, dalam akun Instagram pribadi Baim Wong, dirinya mengunggah foto yang sama dengan unggahan oleh PT LIB.

Akan tetapi dalam keterangannya, Baim menyebut “ Deal sudah. Kita majukan sepakbola Indonesia!! ”

admin
Uncategorized

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *